Layani Paspor Sabtu dan Minggu, Imigrasi Surakarta dan Kanim se-Jawa Tengah Cetak Rekor Layani 2000-an Pemohon
Layanan paspor yang digelar Imigrasi Surakarta dan Kantor Imigrasi (Kanim) se-Jawa Tengah dengan tema “Lapor Gayeng Spektakuler” yang diselenggarakan di Sarkara Hall De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, pada Sabtu (5/10/2024) dan Minggu (6/10/2024) berhasil mencetak rekor baru dengan melayani sebanyak 2.123 permohonan.
Jumlah ini melebihi kuota 2.024 permohonan yang diumumkan, karena mengakomodasi permohonan walk-in (datang langsung) pada hari pelaksanaan demi alasan kemanusiaan.
Event besar ini diselenggarakan oleh Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah bersama Kantor Imigrasi se-Jawa Tengah antara lain Kantor Imigrasi Surakarta, Kantor Imigrasi Semarang, Kantor Imigrasi Cilacap, Kantor Imigrasi Pati, Kantor Imigrasi Pemalang, Kantor Imigrasi Wonosobo, dan Rumah Detensi Imigrasi Semarang.
Hal ini untuk mengantisipasi antusiasme masyarakat yang tidak hanya datang dari Solo Raya, tetapi juga wilayah lain di Jawa Tengah.
Permohonan paspor merupakan salah satu sumber pendapatan negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sebanyak Rp961.300.000 pendapatan negara dihasilkan oleh Kantor Imigrasi Surakarta saat menjadi tuan rumah layanan paspor simpatik “Lapor Gayeng Spektakuler”.
Untuk mengakomodasi jumlah pemohon yang begitu tinggi, panitia menyediakan 18 booth wawancara dan pengambilan data biometrik.
Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, turut hadir pada hari pertama pelaksanaan dan memberikan apresiasi atas suksesnya acara ini. Ia juga menekankan pentingnya layanan paspor yang cepat, mudah, dan terjangkau bagi masyarakat.
Sementara Kepala Kantor Imigrasi Surakarta, Winarko, menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan acara ini.
“Kami sangat bangga dapat mempermudah masyarakat mengurus paspor pada hari libur sekaligus memberikan kontribusi signifikan kami dalam meningkatkan penerimaan negara bukan pajak,” ujar Winarko.
Masyarakat yang melakukan permohonan paspor dalam program ini juga menyambut dengan positif.
“Saya mengetahui acara ini dari Instagram, layanannya sangat memuaskan sekali, pelayanannya juga sangat bagus,” ujar Dyah Suci, salah seorang pemohon.
“Layanan ini sangat memudahkan kami untuk mengurus paspor di luar hari kerja,” jelas Ari, seorang pemohon lain yang mengurus paspor bersama istri dan seorang anaknya.
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!